Menu Tutup

Dasar-Dasar Sistem NFT

Pengertian Dasar NFT

Dr Allen Cooper dalam bukunya The ABC of NFT menyebutkan :

” Nutrient Film technique crop production (commonly know as NFT Cropping) is a method of growing in which the plant have their roots in a shallow stream of recirculating water, which are dissolved all the elements required. There is no solid rooting medium. A root mat develops which is partly in the shallow stream of recilculating water and partly above it. Thus , the stream is very shallow and the upper surface of the root mat which develops above the water, althought it is moist, is in the air. So arround the roots which are the air, there is a film of nutrient solution hence the name nutrient film technique It is extremly important to maintain the basic principle of a nutrient film because it confers an important advantage. In NFT crop there is a permanet abudance of both air and water at root provided the nutrient film principle is maintained The key requirements in archieving a nutrient-film situation are :

a. To ensure that the gradient down which the water flows is uniform and not subject to localised depressions, not even a depression of few millimeters

b. The inlet flow rate must no be rapid that a considerable depth of water flows down the gradient

c. The widht of the channels in which the roots are confined must be adequate to avoid any damming-up of the water by the root mat since, if in adequate, it is to be expexted that yield will be direcly proportional to the channel widht

d. The base of chanel must be flat and not curved, because trhere will be a considerable depth of liquid along the centre line of chanel with a curved base, merely because of the shape of base “

Kalau boleh kami terjemahkan dengan bahasa sederhana intinya, konsep dasar NFT adalah mengalirkan nutrisi hidroponik ke akar tanaman secara tipis (setipis film). Dengan aliran tipis ini tidak semua bagian akar terendam air, masih ada bagian akar tanaman yang tidak terendam air tetapi masih dalam keadaan lembab, sehingga asupan oksigen dalam akar tidak hanya dari oksigen terlarut (dissolved oxigen) tetapi juga dari udara yang ada di atas akar. Tanaman akan memperoleh asupan Air, Oksigen dan Nutrisi yang cukup, sehingga tanaman tumbuh secara optimal. Inilah keuntungan dari Sistem NFT, namun untuk mendapatkan itu semua, harus memenuhi persyaratan berikut ini :

a. Aliran air harus seragam

b. Flow Rate masuk tidak boleh terlalu deras

c. Lebar media berupa talang/gully harus cukup lebar untuk menghindari genangan air oleh akar.

d. Dasar media berupa gully/talang harus datar dan tidak melengkung

Dari penjelasan di atas maka jika kita mau serius berhidroponik dengan menggunakan sistem NFT sebaiknya mengunakan media yang datar baik menggunakan Talang Modifikasi maupun Gully Trapesium, bukan dengan menggunakan pipa bulat.

Syarat Talang / Gully yang di gunakan untuk NFT apa harus Food Grade ?

Sebelum masuk kedalam pembahasan food grade, terlabih dahulu kita bahas dulu dasar dari sistem NFT itu sendiri. Mengutip Buku “The ABC of NFT” karya Dr Allen Cooper, di halaman 10 membahas Phytotoxicity Testing :

“It is essential that the material used to construct an NFT system should no to be phytotoxic; in other word they should not have a detrimental effect on the plant.if nothing but polythene is used throughout an NFT instalation, it will be quite safe. No Phytotoxicity has been reported from the use of polypropylene or from the use of ABS ( acrylonic butadiene styrene). Rigid PVC (polyvinyl cloride) does not appear to be phytotoxic, but there have been a number of cases of phytotoxicity reported when flexible PVC has been used; presumably the plasticiser used has been phytotoxic. Recontstituded flexible pvc should be avoided because its unknow and mixed origin.”

Intinya  bahwa bahan yang digunakan untuk sistem NFT harus tidak bersifat fitotoksik (zat yang bersifat racun bagi tanaman); dengan kata lain tidak boleh memiliki efek merugikan pada tanaman. PVC yang kaku tampaknya tidak bersifat fitotoksik, tetapi ada sejumlah kasus fitotoksisitas yang dilaporkan ketika PVC fleksibel yang digunakan; diduga plasticizer (senyawa adiktif yang ditambahkan kepada polimer untuk menambah fleksibilitas dan workability-nya. ) yang digunakan bersifat fitotoksik. PVC fleksibel yang di daur ulang harus dihindari karena asalnya tidak diketahui dan tercampur.

Artinya sepanjang talang / gully tersebut terbuat dari PVC maupun jenis plastik lainnya asalkan bahannya tidak bersifat fitotoksik tidak menjadi masalah, klaim food grade adalah bahasa marketing saja. Gully Trapesium produk kami menggunakan bahan bahan yang tidak fitotoksik.

Berikut ini beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum memulai membuat instalasi Hidroponik NFT :

 1. Kemiringan Instalasi

Tingkat kemiringan gully dalam sistem NFT antara 2 s.d 5 derajat, artinya setiap panjang gully 1 meter maka ketinggian berkurang antara 2 s.d 5 cm. Untuk dataran tinggi bisa memakai 2 derajat sedangkan dataran rendah bisa antara 3 s.d 5 derajat

2. Debit Air

Debit Air yang ideal untuk sistem NFT adalah sebagai berikut : 
  • Dataran rendah (0-400 mdpl) , 2 liter per gully per menit
  • Dataran menengah (401 -800 mdpl), 1.75 liter per gully per menit
  • Dataran tinggi (801 mdpl ke atas), 1.5 liter per gully per menit

3. Tandon Nutrisi

Tandon Nutrisi ini merupakan salah satu komponen yang krusial dalam hidroponik NFT, menggunakan tandon yang kecil atau yang besar akan mempengaruhi proses budidaya, tandon yang kecil tentunya akan membuat kita jadi lebih sering menambahkan air dan kondisi air nutrisi baik suhu air, pH , DO, dan EC nya kurang stabil, oleh karena itu kami menyarankan menggunakan tandon yang lebih besar. Perhitungan Kebutuhan Tandon pada sistem NFT berdasarkan pengalaman kami adalah sebagai beikut : 

Cara menghitung kapasitas tandon yaitu di hitung berdasarkan rasio jumlah tanaman dan air nutrisi, rasio sehat minimal 1:2 artinya 1 liter air nutrisi untuk 2 tanaman.

Misalnya :
Jumlah tanaman (remaja&produksi) = 10.000
Maka kapasitas tandon = 10.000/2
Maka tandon minimal adalah 5.000 liter

4. Pompa.

Menghitung kapasitas pompa untuk sistem NFT dapat di lakukan dengan cara mengalikan jumlah lajur gully dengan debit air yang di syaratkan + 10% .

contoh perhitungan :
Jumlah Lajur Gully 100
Dataran rendah syarat debit air 2 liter/menit

Kebutuhan kapasitas pompa = (100 x 2) + 10%
                                               = 220 liter per menit

Cari pompa yang speksifikasinya minimal sama dengan perhitungan atau lebih besar. biasanya produsen pompa menuliskan spesifikasinya kapasitas Q Max nya liter/Jam, sehingga kita musti melakukan konversi penghitungan di atas dari per menit ke per jam.
Pompa yang di gunakan untuk sistem NFT adalah pompa dengan debit tinggi (pompa centrifugal

 Sumber Literasi : 

  • Dr Allen Cooper: 1996, The ABC of NFT
 
Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on whatsapp
Share on telegram
× WA kami untuk Info detail!