Menu Tutup

Meracik Nutrisi AB Mix

Nutrisi Hidroponik yang lebih di kenal dengan dengan Nutrisi AB Mix merupakan salah satu komponen utama dalam budidaya hidroponik. Disini kami mau share mengenai pembuatan Nutrisi AB Mix dengan menggunakan Software yang sudah cukup populer di antara para penghobi Hidroponik yaitu Hydrobuddy V1.80 yang bisa di download bebas Disini Langkah langkah meracik nutrisi AB Mix menggunakan software Hydrobuddy V1.80  Silahkan download Hydrobuddy V1.80 kemudian instal ya. Lalu buka Hydrobuddy-nya Ketika  klik Tab “Main Page” maka akan muncul tampilan seperti ini

Sebelum memulai meracik nutrisi AB Mix, yang harus dilakukan pertama kali adalah kita harus memilih bahan baku mentahnya terlebih dahulu, setidaknya yang tersedia di pasaran. Contoh bahan baku AB Mix yang dapat digunakan untuk meracik Nutrisi AB Mix.

Contoh Bahan Baku berupa Pupuk Kalsium Nitrat

Dari bahan baku tersebut, terdapat komposisi bahan yang terdapat di dalam pupuk tersebut yang nantinya akan kita masukkan kedalam Hydrobuddy seperti dalam langkah-langkab berikut ini :

Langkah-langkah Mengisi Bahan Baku AB Mix pada Hydrobuddy:

  1. Klik Substance Selection
  2. Klik Add Custom
  3. Isi pada bagian ini berupa nama bahan yang akan di pakai, formula dan masuk di bagian A atau B
  4. Isi Nilai unsur unsur yang terdapat pada bahan baku tersebut, data ini didapatkan dari data komposisi bahan yang tertulis dalam kemasan bahan dari produsen. Dalam tabel di bawah ini akan di tampilkan contoh data tabel Pupuk Majemuk dari masing-masing merk dan produsen pupuk yang water solube. Jika bahan yang anda gunakan tidak ada di dalam tabel tersebut dapat melakukan konversi komposisi bahan untuk di masukkan kedalam nilai di Hydrobuddy dengan menggunakan link berikut ini : https://www.yara.co.uk/crop-nutrition/farmers-toolbox/conversion-calculator/Untuk Purity (Kemurnian) di isi dengan angka 100, sedangkan untuk cost (harga) di isi harga bahan per Kg.
  5. Klik Add to Database

data di atas berdasarkan data komposisi bahan sesuai release produsen (baik web resmi maupun yang terdapat dalam kemasan)

Setelah database bahan kita sudah isi maka kita bisa “Add” atau “Delete” bahan sesuai kemauan kita. Asal unsur-unsur yang kita butuhkan lengkap.  Bahasa sederhananya, kita mau pake 3 bahan, 4 bahan, sampai 16 bahan pun tinggal menambahkan atau menguranginya melalui fitur ini.

Langkah Selanjutnya kembali lagi ke Tab “Main Menu”  karena kita akan mulai menggunakan interface tersebut. Perhatikan yang  tandai kotak hijau pada gambar di bawah ini, pastikan yang tercentang adalah sebagai berikut :

  • Untuk volume di isi dengan angka volume larutan nutrisi yang akan kita inginkan untuk di buat, untuk satuannya untuk mudah menghitungnya di centang Liters
  • Untuk Concrentation unit di centang ppm
  • Mass Units di centang Grams
  • Untuk Solution Prepartion dapat di centang Concentrated A + B Solution jika akan membuat larutan Nutrisi AB Mix, jika menggunakan dasar perbandingan 5:5:1 (5 ml A : 5 ml B : 1 liter Air Baku) maka angka concrentation Factor di isi 200. Jika hasil racikan mau langsung di campurkan ke air baku di centang Dirrect Addition.
  • Calculation type di centang Input desired concrentation.

Langkah Selanjutnya : 

Kita akan membuat Nutrisi AB Mix kemasan 1.000 Liter sebagai contoh. Perhatikan kolom “Target Conc. (ppm)” ini merupakan parameter angka yang bisa kita rubah-rubah angkanya hingga pada kolom “Result (ppm)” menampilkan angka yang kita kehendaki. Mengoperasikan Hydrobuddy cukup mudah, karena Software ini otomatis melakukan perhitungan secara kimia ketika kita berikan input angka. Yang harus dipahami adalah “GUIDANCE” atau “RULE” seputar unsur-unsur yang akan kita masukkan. Semua hasil akhir dalam interface ini dalam satuan Part Per Milion (PPM). Ada batasan Range untuk setiap unsur yang ada. Jika kita masukkan di bawah ambang batas bawah dari Range tersebut maka resikonya adalah Defisiensi Nutrisi. Sebaliknya jika kita pakai di atas ambang batas paling atas dari Range tersebut, maka akan menjadi racun bagi tanaman. Adapun Range tersebut adalah sebagai berikut :

Dari angka angka di atas kemudian di masukkan ke Target Conc (ppm) per unsur sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanaman tanaman (Sayuran Daun, Sayuran Buah, Umbi maupun Bunga) 

Beberapa hal  yang harus di perhatikan dalam membuat formula / perhitungan unsur-unsur makro maupun mikro dalam meracik Nutrisi AB Mix antara lain :

Khusus untuk unsur N berlaku peraturan yaitu, total N adalah hasil penjumlahan dari total Amonium (NH4+) ditambah Nitrat (NO3-) dengan perbandingan tertentu. Perbandingan ini adalah hasil riset dan pengalaman para praktisi karena baik Amonium maupun Nitrat memiliki fungsi yang berbeda. Adapun Guidance perbandingan tersebut adalah sebagai berikut :

Amonium selalu lebih kecil karena akan membuat sel-sel raksasa sehingga tanaman akan tumbuh cepat dan ukurannya besar. Tetapi daun yang terbentuk berukuran lebar menyebabkan penguapan besar, sehingga daya serap air dan hara meningkat, hanya saja daun yang berukuran besar akan peka terhadap penguapan dan sayuran mudah layu. Pemberian Nitrat dalam jumlah yang lebih besar untuk menciptakan sel yang kompak, sehingga tanaman berdiri tegap, daya tahan tinggi terhadap serangan penyakit, banyak Nitrat juga akan menimbulkan citra rasa yang baik. 

Selain itu, yang harus diperhatikan juga adalah Guidance masalah rasio antara unsur-unsur makro esensial yang utama, yaitu Nitrogen (N), Phosphat (P), dan Kalium (K). Perbandingan yang baik akan menghasilkan Nutrisi yang “Balance”. Nutrisi yang Balance sangat dibutuhkan untuk mempercepat dan memaksimalkan pertumbuhan tanaman tanpa tanaman tersebut mengalami efek samping seperti keracunan karena kelebihan, atau defisiensi nutrisi karena kekurangan. 

Berikut ini Range Rasio tersebut :

Range tersebut bisa divariasikan sesuai kebutuhan tanaman, ubahlah selalu melalui pengamatan, lalu temukan komposisi yang tepat sesuai kondisi kebun. Ini akan berbeda-beda untuk setiap tempat mengikuti kondisi seperti lama penyinaran matahari, kondisi air baku, dll. Kami berikan contoh aplikasi untuk 2 tanaman yang berbeda :

setelah kita tahu Basic Guidance tersebut akan diberikan Contoh komposisi untuk Nutrisi Sayuran 1.000 liter. Masukan nilai PPM yang kita kehendaki kemudian klik Carry Out Calculation”. Contoh hasilnya :

 

Perhatikan kolom “Result (ppm)” yang dilingkari merah. Silahkan bandingkan dengan Guidance di awal, mulai dari Range batasan per unsur dan komposisi Amonium dibanding Nitrat. Total N adalah 250 ppm dengan perbandingan 1 Amonium berbanding 6 Nitrat. Kemudian untuk mengetahui berapa gram masing-masing bahan harus kita timbang, silahkan klik Tab “Result” dan hasilnya adalah sebagai berikut :

 

Bisa dilihat yang dilingkari adalah timbangan masing-masing bahan dalam gram. Pada kolom di bawahnya “Gross Error” harus selalu menunjukkan angka 0. Jika masih menunjukkan angka selain 0 maka berarti masih ada yang salah dalam perhitungan, silahkan utak-atik lagi angkanya. Karena Gross Eror salah satunya menunjukkan konflik antar Unsur, makin tinggi angkanya makin signifikan konfliknya. Selain itu, berapa EC yang dihasilkan dari racikan kita tadi sudah bisa dilihat pada kotak “Predicted EC Value”. Kita bisa lihat Rasio NPK dari Nutrisi yang kita buat dengan klik pada Nutrient Ratio Analysis”. Hasilnya sebagai berikut :

Yang dilingkari merah, itulah Rasio yang dihasilkan dari Nutrisi yang diracik tadi, masih memenuhi Range Rasio untuk Nutrisi Daun. 

Lalu bagaimana dengan penempatannya? Mana yang harus ada di kantong A dan mana yang harus di kantong B? Cukup sederhana prinsipnya, unsur Calcium (Ca) tidak boleh kena unsur Phosphat (P) dan unsur Belerang (S).

Beberapa Contoh Formula Nutrisi yang dapat dicoba :

Kabar bagus dari Hydrobuddy Ver 1.8 adalah sudah ada beberapa formula untuk membuat Nutrisi AB Mix yang tentunya sudah di uji oleh si pembuat formula tersebut, sehingga kita dapat mencoba menggunakan formula tersebut untuk meracik Nutrisi AB Mix, namun sebaiknya di lakukan penyesuaian karena bahan baku yang terdapat di pasaran Indonesia kebanyakan berupa Pupuk Majemuk yang komposisinya berupa beberapa unsur hara.

Meracik Nutrisi menjadi semakin mudah, tentunya harus di imbangi dengan belajar, belajar dan terus belajar dengan terus menambah literasi mengenai crop guide bermacam macam sayuran yang akan kita budidayakan. 

Disclaimer : – Masih banyak yang belum dijelaskan di sini, kami cuma memaparkan Basic Guidance saja. Rule sudah dipaparkan silahkan improvisasi sesuai kebutuhan kebun sendiri. – Timbangan yang diberikan di atas hanya contoh namun sudah teruji di kebun, bisa dicoba sendiri menggunakan formula yang berbeda dari itu, menyesuaikan kondisi air baku. Kalau di tempat saudara  ada tes hasil uji air baku, tinggal klik Set Water Quality Parameter” lalu masukan nilainya. – Diijinkan tulisan ini di share dimanapun, asalkan TIDAK DIKOMERSILKAN dan tetap mencantumkan sumber yaitu Thread di Kaskus ini sebagai penghormatan atas kekayaan intelektual. Terima kasih, semoga berguna . Sumber :  Kaskus dengan beberapa penyesuaian

× WA kami untuk Info detail!