Menu Tutup

Apakah Instalasi Hidroponik Harus Food Grade ?

Hasil Lab Gully Trapesium Bebas Timbal

Banyak pertanyaan yang masuk ke kami menanyakan apakah Gully Trapesium itu Food Grade ?

Sebelum masuk kedalam pembahasan food grade, terlabih dahulu kita bahas dulu dasar dari sistem NFT itu sendiri. Mengutip Buku “The ABC of NFT” karya Dr Allen Cooper, di halaman 10 membahas Phytotoxicity Testing :

“It is essential that the material used to construct an NFT system should no to be phytotoxic; in other word they should not have a detrimental effect on the plant.if nothing but polythene is used throughout an NFT instalation, it will be quite safe. No Phytotoxicity has been reported from the use of polypropylene or from the use of ABS ( acrylonic butadiene styrene). Rigid PVC (polyvinyl cloride) does not appear to be phytotoxic, but there have been a number of cases of phytotoxicity reported when flexible PVC has been used; presumably the plasticiser used has been phytotoxic. Recontstituded flexible pvc should be avoided because its unknow and mixed origin.”

Intinya  bahwa bahan yang digunakan untuk sistem NFT harus tidak bersifat fitotoksik (zat yang bersifat racun bagi tanaman); dengan kata lain tidak boleh memiliki efek merugikan pada tanaman. PVC yang kaku tampaknya tidak bersifat fitotoksik, tetapi ada sejumlah kasus fitotoksisitas yang dilaporkan ketika PVC fleksibel yang digunakan; diduga plasticizer (senyawa adiktif yang ditambahkan kepada polimer untuk menambah fleksibilitas dan workability-nya. ) yang digunakan bersifat fitotoksik. PVC fleksibel yang di daur ulang harus dihindari karena asalnya tidak diketahui dan tercampur.

Berdasarkan uraian di atas, dapat kami jelaskan bahwa bahan-bahan yang kami gunakan untuk memproduksi Gully Trapesium terdiri dari :

  • Resin PVC
  • Kalsium Karbonat
  • PVC Stabilizer (tanpa timbal)
  • CPE (supaya bahan tidak pecah)
  • Pemutih
  • Anti UV
  • UMB
  • Afalan ( berasal dari cacat produksi / bukan pvc bekas pakai, dan tidak sampai 10% dari komposisi bahan)

Dari Komposisi bahan-bahan yang kami gunakan tidak ada bahan yang bersifat fitotoksik, semua berasal dari bahan baru, tidak menggunakan plasticizer dan bukan dari daur ulang; sehingga memenuhi syarat sebagai bahan yang digunakan untuk sistem NFT.

Selanjutnya kita bahas mengenai food grade, ada yang berpendapat dan mengklaim bahwa Gully Trapesium produksi kami tidak food grade, yang food grade adalah gully yang dia import. Sependek pengetahuan kami, regulasi yang berlaku di Republik Indonesia yang di atur harus memenuhi syarat untuk food grade adalah kemasan makanan yaitu dengan Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor HK.03.1.23.07.11.6664 tahun 2011 tentang Pengawasan Kemasan Pangan. Produk kami kan bukan untuk kemasan pangan jadi menurut kami ya tidak perlu untuk sertifikasi food grade, jika ada yang mengklaim bahwa produk import tersebut food grade ya tunjukin aja sertifikat food grade yang di keluarkan oleh instansi terkait jika memang ada. Aturan Balai POM bisa di klik disini 

Regulasi mengenai kewajiban Standar Nasional Indonesia atau di sebut dengan SNI hanya berlaku untuk pipa pvc hanya untuk saluran air minum yaitu dengan SNI 06-0084-2002, sehingga produk kami berupa gully Trapesium untuk hidroponik belum memiliki kewajiban untuk itu. Aturan SNI bisa di klik disini

Dari uraian di atas bisa kami simpulkan bahwa tidak ada regulasi yang mengatur wajib food grade untuk produk instalasi hidroponik, dan secara keilmuan hidroponik disebutkan bahwa bahan yang digunakan untuk sistem NFT harus tidak bersifat fitotoksik (zat yang bersifat racun bagi tanaman); dengan kata lain tidak boleh memiliki efek merugikan pada tanaman. Gully Trapesium Jalantara Tirtamarta terbuat dari bahan PVC  baru, bukan bahan daur ulang tidak bersifat fitotoksik. Jika masih ada yang mengklaim bahwa produknya food grade yang silahkan ajukan pertanyaan sebagai berikut :

  1. Apakah Gully PVC ada sertifikat food grade ?
  2. Apakah inlet dan outlet yang berasal dari pipa pvc tersebut food grade ?
  3. Apakah netpot yang digunakan food grade ?
  4. Apakah bak nutrisinya food grade ?
  5. Apakah pompa air yang di gunakan untuk mengalirkan air nutrisinya food grade ?
  6. Apakah rockwool yang di gunakan juga food grade ?

Jika semua pertanyaan tadi dijawab iya,  ya di minta untuk menunjukkan sertifikat food grade dari instansi terkait. Ke enam item di atas adalah peralatan atau bahan yang di gunakan dan di lalui air nutrisi yang di gunakan untuk budidaya hidroponik.

Demikian penjelasan kami, semoga bisa menjawab pertanyaan mengenai apakah instasi hidroponik harus memenuhi syarat food grade.

.

× WA kami untuk Info detail!